Kamis, 03 Januari 2013

Cantiknya Pantai Sawarna



Nama Pantai Sawarna sepertinya semakin popular akhir-akhir ini. Beberapa kali mendengar cerita dan melihat foto-foto teman tentang pantai yang disebut-sebut sebagai salah satu ‘hidden paradise in Indonesia’ membuat saya penasaran. Libur akhir tahun kemarin, saya berkesempatan mengunjungi pantai yang terletak di sebelah Selatan Provinsi Banten ini. 

How to get there? Pantai Sawarna terletak di kelurahan Sawarna, kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, provinsi Banten. Menggunakan mobil pribadi perjalanan ditempuh sekitar 6-7 jam perjalanan dari Jakarta. Jalan berkelok-kelok (dan terkadang cukup curam) serta pemandangan sawah dan kebun nan hijau di kanan kiri kami. Sesekali nampak pantai nan memanjang.

Pantai pertama yang kami kunjungi adalah pantai Karang Taraje. Pantai ini terletak di pinggir jalan dengan akses yang cukup mudah dijangkau. Pantai yang cukup cantik dengan hiasan batu karang kokoh serta air yang jernih.

pantai Karang Taraje
jernihnya air di pantai Karang Taraje
Kami pun melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Layar. Inilah pantai yang menjadi daya tarik utama mengunjungi Sawarna. Untuk mencapai pantai ini, dari jalan yang bisa dilalui mobil diperlukan sekitar dua kilometer lagi. Pengunjung dapat menggunakan ojek (biaya Rp20.000 bolak-balik) untuk mengantar menuju pantai, melewati sebuah desa (retribusi Rp3.000). Sempat sedikit deg-degan saat motor melewati jembatan gantung menuju desa tersebut. Satu kilometer dari jembatan gantung nampak pantai Pasir Putih. Namun sayang kami tak punya banyak waktu jadi kami hanya mengunjungi Pantai Tanjung Layar saja yang berjarak sekitar satu kilometer dari Pantai Pasir Putih. 

Pantai Tanjung Layar terkenal dengan dua batu karang besar nan kokoh. Pemandangan indah sejauh mata memandang, jernihnya air dan bunyi debur ombak memecah batu karang sesekali terdengar memanjakan siapa saja yang datang. Para wisatawan asik bermain air seraya berfoto-foto, tak ketinggalan fotografer keliling siap mengabadikan pose Anda cukup hanya dengan Rp10.000 saja.

Hayuk nyeberang jembatan dulu ^^
sawah sepanjang jalan ^^



selamat datang ke pantai Tanjung Layar, mendung2 :p

Dua batu yang jadi 'tetenger' pantai Tanjung Layar







Kami pun kembali ke Jakarta dengan pikiran yang fresh. Dari Bayah, kami menuju terminal Bayah dengan menumpang mobil elf (tarif Rp10.000). Dari Terminal Bayah kami menempuh empat jam perjalanan menuju terminal Rangkas Bitung (menggunakan mobil elf dengan tarif Rp30.000), kemudian naik angkot menuju stasiun Rangkas Bitung (tarif Rp3.000) untuk kemudian menempuh dua jam perjalanan menggunakan kereta ekonomi (tarif hanya Rp2.000) menuju Jakarta (Stasiun KA Tanah Abang).

Where to stay? Di sekitar pantai terdapat banyak penginapan/homestay dengan tarif yang terjangkau. Dengan Rp180.000 saja mendapatkan satu kamar dan fasilitas tiga kali makan. Cukup banyak pula wisatawan yang saya lihat menjinjing tenda. Menginap di pinggir pantai bisa jadi sebuah pilihan :)

Pantai Sawarna, recommended to visit!

26 komentar:

  1. mau ke sawarna deh, ikut donggg hehehe

    BalasHapus
  2. pengen nih. Sehari perjalanan cukup ga Mon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo berangkat jam 5 pagi mungkin nyampe skitar jam 11-12, maen2 sampe jam 17.00 trus pulang lagi ke jkt mungkin nyampe jam 11-12 mlm mbak, bisa sih tapi ya capek gt hehe..

      Hapus
  3. ngeri mbayangin nyebrang dijembatan gantung kayak gitu...
    Goyang-goyang pastinya...

    Pemandangannya indah-indah. Ngga nyangka Banten punya pantai secantik itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya goyang2 Bunda, tp gapapa lah bagus pantainya hihi :)

      Hapus
  4. wah bagus, sayangnya kurang terekspose, mungkin jika dirawat lebih bagus bisa menjadikan aset wisata yang tidak kalah dengan bali sekaligus membuka lapangan kerja bagi warga sekitar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener Mas, tapi sekarang udah mulai rame, kmrn aja rame bgt :)

      Hapus
  5. Kok ga ketemu ya Mon kemaren? Kata Amzar, pas kami balik, kamu baru dateng. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya des, aq dtgnya siang2 pas ujan pula, sekitar jam 2-3, mungkin km dah pulang hehe

      Hapus
  6. pantainya berbatu euy.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, banyak batu karangnya :)

      salam kenal mas... makasih kunjungannya :)

      Hapus
  7. banyak yang rekomendasi pantai ini memang
    hehehe yah yang di Sumbar aja belum sebegitunya dieksplor... keknya ya plesiran di sini dulu aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. aku tetep lebih suka sumbar *,*

      Hapus
  8. cantiknya mon,. apalgi klo aku disana
    hehe.
    smoga kita smw menjaga dan melestarikannya bukan cuma mengambil kekayaan dan menyampahinya.

    BalasHapus
  9. wah jadi pengen kesana nih :D Lain kali kalau aku ke Banten anterin aku yaa :p

    BalasHapus
  10. indah sekaligus menyeramkan, penampakan karang yg tinggi dan bnyk itu terlihat agak menyeramkan ditmbah lg dgn ombah yg tinggi..., sy milihx yg sawah aja deh.., terlihat Adem, segar *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. afwan komen diartkel sy yg paling baru ya, syukran *smile

      Hapus
  11. apik2 tenan ya, batu karangnya.... cocok buat foto2, #eh

    BalasHapus
  12. yang mau tau informasi lebih lengkap tentang pantai sawarna, penginapan dan panduan perjalanan, silakan kunjungi website http://www.pantaisawarna.com

    BalasHapus
  13. Wuah, pantainya keren abis...
    ombaknya, karangnya, dan pasirnya.
    perjalanannya juga kayaknya asik banget tuh, apalagi jembatan gantungnya yang 'sangar', haa

    Indonesia emang juosS...! :D
    My Adventure >> Perjalanan di Akhir Tahun

    BalasHapus
  14. Segala sesuatu yang masih alami itu akan menawan sekali.

    Saya juga punya jepretan pesona alami dari suatu danau di daerah pegunungan di Sumatera Barat, bisa dilihat di http://irsamukhti.blogspot.com/2012/09/pesona-alam-danau-diateh-di-kabupaten.html

    BalasHapus
  15. info tempat penginapannya donk,
    nama dan harganya

    BalasHapus
  16. bener2 cantik, mirip pantai papuma di jember...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...